Pesan Ketua Umum Dalam Rangka HUT GKII Ke-89

Tanggal 10 Februari 2017

 

Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) yang didirikan oleh Dr. Robert Alexander Jaffray memasuki usia ke 89 tahun ini. Sejarah GKII dimulai Dr. Jaffray melakukan perjalanan dari Tiongkok ke Indonesia di tahun 1928 dan pertama kalinya menjejakkan kaki di Oost Borneo (Kalimantan Timur sekarang) bersama murid-muridnya dari Tiongkok. Pada tanggal 10 Februari 1928 disebut sebagai berdirinya GKII karena pada hari itu seorang laki-laki yang menerima Injil dan pukul 23.00 WITA dibaptis di Balikpapan. Ini yang menjadi buah sulung pelayanan GKII di Indonesia.

 

Sejarah terus berlanjut ketika kemudian Dr. Jaffray memutuskan untuk menetap di Indonesia di tahun 1931 dan menjadikan Makassar sebagai pusat pelayanan misi. Dari situ dia membangun tiga pilar misi yang sangat penting yaitu mengembangkan pelayanan sampai menjangkau Indonesia. Pilar itu adalah sekolah Alkitab, penerbitan Kristen dan gereja. Lewat ketiga pilar ini maka kita ada sampai saat ini, di mana di tahun 2017 ini sudah ada 12 wilayah pelayanan dengan kurang lebih 3000 gereja lokal.

 

Lewat berbagai tantangan yang dihadapi dalam perjalanannya, GKII tetap menunjukkan kesetiaan dalam melaksanakan Amanat Agung yang menjadi karakteristik dari gereja kita. Tema yang dipilih untuk HUT ke-89 ini adalah Beritakanlah Perbuatan Besar dari Allah (1 Petrus 2:9) dengan Sub Tema:   “Melalui HUT GKII ke-89 Kita Wujudkan GKII Bangkit dengan Menyatakan Perbuatan Besar Tuhan dalam Gereja dan Masyarakat”

 

Tema ini dipilih dengan mengajak seluruh warga GKII untuk memberitakan perbuatan besar dari Tuhan dengan mengingat: Pertama, kita adalah umat pilihan Allah yang memiliki beberapa keistimewaan di mana kita dipilih sebagai imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah yang mendapatkan kasih dan kemurahan Tuhan. Penekanan ini penting bahwa kita memiliki hak yang istimewa yang mengharuskan kita untuk menceritakan kasih Tuhan kepada dunia yang belum mengenal kasihNya.

 

Kedua, umat Allah saat ini digambarkan sebagai musafir yang masih berada di dalam dunia. Kehadirannya di muka bumi adalah menantikan dan mencari kerajaan Allah. Pada yang sama kita dalam peperangan rohani serta menghadapi berbagai penderitaan dan aniaya. Inilah keindahan hidup orang percaya bahwa dalam peperangan rohani, penderitaan dan sikap intoleransi serta penganiayaan terhadap gereja, umat Allah tetap harus menampakkan keindahannya dengan menyatakan perbuatan besar Tuhan lewat pelayanan rohani dan sosial lainnya sehingga berdampak bagi keluarga, gereja dan masyarakat.

 

Dalam perayaan ulang tahun yang ke-89 ini juga kami menghimbau jemaat untuk mendukung pelayanan Kantor Pusat GKII di Jakarta di mana kita berencana memasang elevator (lift) dan perawatan renovasi gedung sebagai representasi GKII yang menggambarkan wajah dan citra GKII kepada dunia. Lewat pembangunan ini diharapkan pelayanan GKII akan lebih baik lagi sehingga penyebaran Injil Tuhan semakin meluas dalam tahun-tahun ke depan.

 

Selamat merayakan kebaikan Tuhan bagi GKII dan kiranya kita terus setia dan berkomitmen untuk melayani dengan penuh sukacita yang disertai pengharapan bahwa Tuhan senantiasa memberkati pelayanan kita bersama. Tuhan memberkati.

 

 

Jakarta, 20 Januari 2017

 

Badan Pengurus Pusat

Gereja Kemah Injil Indonesia

 

Ketua Umum,

 

 

Pdt. Dr. Daniel Ronda

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *