POKOK DOA BPP GKII ARAS PUSAT, Edisi 8, Desember 2018

#POKOK DOA BPP GKII ARAS PUSAT, Edisi 8, Desember 2018

Pokok Doa GKII Pusat pada edisi ke-8 ini agak berbeda formatnya karena berisi tentang informasi berita sekaligus menjadi beban doa kita semua:

1. Kami BPP GKII menyampaikan Selamat Tahun Baru 2019, kiranya Tuhan Yesus sumber segala berkat dan kebahagiaan akan melimpahkan segala yang baik dalam pelayanan kita semua bersama keluarga.

2. Ada program kerja yang menjadi pergumulan BPP yang ditemukan di lapangan yang menjadi agenda prioritas kerja bersama di tahun 2019:
a. Pentingnya pengelolaan aset GKII dalam arti bahwa agar kita semua segera mengupayakan balik nama semua aset GKII yang masih atas nama pribadi.

b. Program Gereja Ramah Anak perlu mendapatkan perhatian gereja lokal karena memang Yesus peduli anak dan menjadi masa depan gereja serta dapat menjadi strategi dalam pertumbuhan gereja.

c. Pentingnya peranan media informasi dan pengembangan teknologi informasi dalam gereja khususnya gereja perkotaan di era digital ini.

d. Perlu ada atau peningkatan kualitas diklat kepemimpinan di aras Daerah/Wilayah baik di kalangan gembala/hamba Tuhan maupun BPJ serta Pemuda. Materi diharapkan berisikan tentang: hubungan gembala dan BPJ, peranan majelis gereja, keluarga gembala, pelatihan istri hamba Tuhan. Pelatihan ini menjadi sangat strategis mengingat bahwa pertumbuhan gereja bergantung kepada kepemimpinan dan relasi yang baik di dalamnya.

e. Pengajaran menjadi isu utama yang harus dibahas dalam tahun ini, seperti: adanya penolakan gereja di wilayah tertentu soal KTP-el karena dikaitkan dengan Antikristus, peranan perempuan dalam pelayanan, hubungan antara Gereja dan Israel (adanya pemujaan terhadap Israel melebihi Kristus, Kepala Gereja).

f. Masalah tiadanya manajemen organisasi di beberapa Daerah/Wilayah di mana kantor, sistem basis data (database) yang berhubungan statistik keanggotaan gereja, riwayat pelayanan hamba Tuhan dan lainnya belum tertata bahkan ada yang tidak ada sama sekali.

g. Ada keluhan gereja lokal tentang tiadanya buku pemuridan dan pengajaran dalam jemaat-jemaat. Ini kebutuhan mendasar gembala dalam pelayanan yang harus mendapatkan perhatian.

h. Pengembangan strategis Departemen Sosial dengan Kemah Peduli yang telah sukses melayani bencana di Lombok dan Palu. Perlu disusun pedoman tanggap bencana dan melatih banyak sukarelawan di Daerah/Wilayah.

3. Terus mendoakan pelayanan pemulihan pasca gempa di Lomok dan Palu serta tsunami yang baru saja terjadi di Selat Sunda.

4. Ada peristiwa yang perlu mendapatkan perhatian yaitu saudara-saudara kita di Nduga dan Mapnduma Papua, di mana karena ada penembakan sejumlah karyawan oleh kelompok bersenjata berakibat adanya operasi militer di sana. Kita mendoakan agar Tuhan menjaga jemaat-jemaat di sana sehingga tidak menjadi salah sasaran dalam operasi militer.

5. Terus mendoakan Rakernas yang diselenggarakan bersamaan dengan Retreat Gembala di Bali tanggal 30 April sampai 3 Mei 2019 di Bali. Tuhan Yesus menolong peserta untuk dapat mencari dana bagi keberangkatan mereka. Acara akbar ini akan dijadikan momentum pembaharuan bagi kita semua.

6. Kita mendoakan pemilihan presiden dan calon legislatif (Pileg) tanggal 17 April 2019 di mana kita mendoakan keamanan bangsa dan juga wakil dari keluarga besar GKII yang maju dalam pencalonan baik DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten. Mendorong agar para gembala, BPD, BPW berinisiatif untuk mengadakan doa bersama bagi warga kita dalam proses Pileg ini.

Demikian penyampaian pokok doa ini, Kiranya Tuhan Yesus memberkati kita semua dalam memasuki pelayanan Tahun 2019. Tuhan akan membuat terobosan dan menghasilkan kebangkitan pelayanan di GKII. #salamgkiibangkit

Leave a Reply

Close Menu