PESAN NATAL 2018

Pemberian yang Terbaik (Matius 2:11)

Kepada seluruh keluarga besar Gereja Kemah Injil Indonesia,

Shalom. Salam sejahtera dalam kasih Tuhan Yesus Kristus. Atas nama Badan Pengurus Pusat Gereja Kemah Injil Indonesia, kami menyampaikan Selamat Hari Natal 2018 dan Selamat memasuki Tahun Baru 2019. Doa dan pengharapan kami, Tuhan akan memberkati pelayanan GKII di seluruh Indonesia dan terus setia dalam komitmen melaksanakan Amanat Agung Kristus.

Tema Natal tahun ini adalah “Pemberian yang Terbaik”. Pemilihan tema ini  didasarkan pada prinsip kedatangan Kristus yang datang untuk menyelamatkan manusia dengan memberikan yang terbaik bagi manusia. Di samping itu respons umat Tuhan yang dilawat pun memberikan yang terbaik kepada Tuhan untuk menyambut berita keselamatan itu. Orang Majus dari Timur (Matius 2:1-11) telah membuktikan bahwa mereka datang memberikan seluruh hidup mereka untuk mencari juruselamat yang akan disembahnya dan dalam kerelaan membayar harga berjalan dengan cukup jauh mereka pun memberikan yang terbaik kepada Tuhan berupa persembahan emas, kemenyan dan mur.

Makna Natal ini hendaknya menjadi jiwa pelayanan Natal GKII tahun ini. GKII sudah bersolidaritas bersama dengan saudara kita yang menderita akibat gempa dan tsunami di Lombok dan Palu/Sigi/Donggala. Bantuan persembahan dan menjadi relawan di daerah gempa telah membuktikan semangat berkorban ini bagi sesama. Di dalam pelayanan pembangunan juga di mana warga GKII saling bahu membahu membantu dari berbagai tempat untuk menolong satu kepada yang lain. Kiranya semangat memberi dan berkorban ini terus menjadi gaya hidup setiap orang percaya.

Di dalam Natal ini mari kita berkomitmen untuk lebih lagi berkomitmen dalam pemberian baik komitmen dalam waktu, tenaga dan harta kita. Gereja tidak dapat lagi bersantai dalam pelayanan karena gereja sedang menghadapi masalah besar seperti semangat individualisme, kesenjangan ekonomi dan pendidikan, kemiskinan, kemunduran etika, dan ancaman untuk meninggalkan iman percaya kepada Yesus.

Cara gereja menghadapi bukan hanya lewat pengajaran mimbar tapi ada tindakan nyata seperti gereja menyusun program beasiswa, pengembangan ekonomi jemaat, pengembangan mengelola lingkungan hidup, dan banyak program gereja yang harus kontekstual yaitu terbukti berperan dalam masyarakat. Gereja tidak hanya hadir sebagai media rohani dalam masyarakat tapi lebih dari itu sebagai media pembawa kesejahteraan kepada masyarakat. Ini menjadi perhatian kita karena banyak GKII ada di daerah pedesaan.

Untuk GKII di perkotaan pun dapat melakukan pemberian yang terbaik dengan mengadopsi gereja-gereja kita yang banyak sekali ada di pedesaan dan pedalaman lewat dukungan bagi penyediaan penginjil, program kesejahteraan masyarakat dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi doa kami agar umat Tuhan memberi yang terbaik lewat pelayanan melalui gereja dan sebagai warga GKII kita tidak hanya melihat diri kita sendiri tapi melihat juga ada warga GKII yang masih susah dan menderita, serta mereka ada di sudut-sudut negeri ini. Mereka membutuhkan perhatian kita semua.

Akhirnya, Tuhan Yesus memberkati seluruh jemaat bersama keluarga, Gembala dan Badan Pengurus Jemaat, Ketua Daerah dan Badan Pengurus Daerah, Ketua Wilayah dan Badan Pengurus Wilayah. Kiranya Tuhan Yesus Kristus sumber segala berkat akan melimpahkan segala yang baik dalam memasuki era yang penuh pengharapan di tahun 2019.

Sekali lagi, Selamat Hari Natal 2018 dan memasuki Tahun Baru 2019. Tuhan Yesus memberkati.

Jakarta, 7 November 2018

Badan Pelaksana Harian Pusat

Gereja Kemah Injil Indonesia

Ketua Umum,

Pdt. Dr. Daniel Ronda

Close Menu