Seri pelajaran tentang  Pengaruh Roh Kudus

Seri pelajaran tentang Pengaruh Roh Kudus

Oleh: Pdt. Kadarusno Edut, M.Th

Yoh 16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia 1  akan dosa, kebenaran dan penghakiman;

  1. Merubah sifat manusia

Roh Kudus  secara perlahan-lahan akan merubah sikap dan tabiat manusia yang lama ke manusia baru.  Artinya ada sifat yang tidak baik perlahan menjadi baik,  jika ia membuka hati  sesuatu yang baik akan terjadi dalam hidupnya  melalui pekerjan Roh Kudus.  Misalnya dulu kita orangnya pemalas dalam berdoa lalu kita membuka dan menerima Roh Kudus dalam hati kita,  kita menjadi orang yang mulai menyukai doa, kebiasaan yang malas secara tanpa disadari menjadi  menghilang.  Itu pengaruh Roh Kudus.  Betapa sukacita nya hidup kita bila Roh Kudus itu benar-benar nyata merubah dan mempengaruhi hidup kita. 

Meskipun masih banyak dikalangan orang Kristen itu sendiri yang belum sepenuhnya berubah namun Roh Kudus tetap sabar, Ia tetap menunggu umatNya.   Roh Kudus siap membantu dan menolong kita, Ia siap memulihkan gereja Tuhan, Ia siap membangkitkan gereja yang suam, Ia siap membalut hati yang berduka dan sedih dan  kecewa, Ia siap menolong kita agar hidup kita menjadi berarti bagi Tuhan. Itulah pekerjaan Roh Kudus yang merubah sifat manusia.

doa kita semakin banyak orang percaya yang sungguh-sungguh sadar bahwa saya perlu berubah dari yang malas dalam soal-soal rohani menjadi rajin kembali.

 –Doa. Ya Tuhan mulai sekarang pengaruhi hidupku dengan kuasa Roh Kudus  tolonglah saya agar secara sadar saya bisa berubah, saya mulai kembali rajin untuk berdoa, baca Alkitab dan mengikuti kebaktian-kebaktian di gereja. Kiranya Tuhan memberkati dalam nama Yesus amin—

Kis 17:11 Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, t  karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci

2. Firman Tuhan mempengaruhi hidup seseorang.  Bila kita berbicara tentang Roh Kudus terus terang banyak juga dikalangan orang percaya agak kaku membicarakan tentang Roh Kudus.  Karena mungkin dianggap paling sulit terlalu muluk-muluk dalam kehidupan rohani kekristenan. Sehingga berpengaruh juga kepada si Hamba Tuhan itu sendiri, bila hendak membicarakan khusus topic tentang “Roh Kudus”  menjadi kurang “greget”.  Terus terang ini yang saya rasakan, ada perasaan takut berbeda dari yang biasanya.  Ada juga yang berpandangan itu milik gereja kharismatik di tempat kita kurang cocok.  Serta banyak lagi anggapan-anggapan yang tentunya  anggapan ini adalah keliru. 

      Sebagai orang percaya,  gereja, pribadi lepas pribadi,  kita  sangat memerlukan Roh Kudus. sebenarnya kehidupan orang Kristen dewasa ini  banyak dipengaruhi oleh Kudus itulah yang mengakibatkan seseorang bisa bertahan mengiringi Tuhan, kuat serta setia kepada Tuhan meskipun kehidupan tidak selalu menyenangkan keadaan tidak selalu baik.  Akan tetapi seseorang tetap saja bertahan dan selalu ingat akan Tuhan, dalam praktetknya ikut ibadah, setia dalam memberikan dan mendukung  pekerjaan Tuhan.  Memberikan Janji Iman, persembahan baik biasa dan khusus. Itu semua pengaruh Roh Kudus.  Jadi dengan demikian tidak lagi sebagai orang Kristen non “Kharismatik” ini ragu dalam membicarakan tentang topik “Roh Kudus”. Karena oleh Roh Kuduslah Firman Tuhan menjadi berpengaruh paling utama dalam kehidupan kita.

Doa: Tuhan Yesus tolonglah kami sebagi hambaMu yang lemah ini dan sebagai anggota gerejaMu agar kami berani dan tidak ragu lagi dalam mengkhotbahkan atau membicarakan tentang Roh Kudus lagi, dalam nama Yesus Amin.

3.  Menjadikan kehendak dan pikiran seirama dengan Kristus (Gal 5:25)

      Roh Kudus menuntun membawa kehidupan kita sejalan dan seirama dalam kehendak dan pikiranNya. “Roh Kudus tidak membuat pikiran kita sehingga menjadi tidak waras”, tidak.  Justru Ia membuat pikiran dan kehendak,  pengetahuan kita menjadi  lebih bijkasana kita akan menjadi orang yang penuh sukacita atas kehidupan itu sendiri yang tanpa kita sadari bahwa itu karena Roh Kudus ada dalam hidup dan pikiran kita.  Yang pada akhirnya menyebabkan kita dapat melakukan kehendak dari Firman Tuhan itu sendiri.

Namun demikian Roh Kudus  tidak memaksa,  Ia adalah pribadi yang penolong kita meskipun kita  sangat sulit untuk mengikuti jalan dan kehendak Allah,  namun Ia tetaplah Roh yang menolong dan menuntun sampai pada akhinya kita sempurna dalam kehendak dan rencanaNya.

Doa:  Tuhan Yesus tolonglah kami, ada keinginan dan kerinduan untuk terus hidup sejalan dan seirama dengan Engkau, namun kami tahu terkadang kami sulit untuk melakukannya. Oleh karena itu tuntun kami dengan RohMu agar kehendakMu kelak dapat menjadi sempurna yang Engkau jumpai dalam hidup kami ini. Dalam Nama Yesus Amin..

4. Menjunjung tinggi Firman Tuhan (II Korintus 3:5-6)

Roh Kudus  memberi pengaruh yang menyeluruh dan luas dalam kehidupan seseorang.  Bila seseorang  dipengaruh oleh Roh Kudus Ia akan menjunjung tinggi Firman Tuhan artinya ketika Firman dibicarakan ia akan menghormati tidak akan “membicarakan dan memperdebatkan” dari sisi yang negatif.  Apalagi  kasak kusuk untuk secara sengaja mengalihkan pendengarannya atau pandangannya  kepada sesuatu hal yang diluar dari fokus dan perhatiannnya  kepada Firman.  Tetapi berusaha  untuk mengalihkan  kepada FB, WA, IG,nonton Youtube, SMS,foto selvi,  atau sibuk bermain games dan mengobrol tentang sesuatu atau hal yang lainnya,  yang seharus tidak semestinya dilakukan sebagai seorarang yang sedang beribadah dan yang sedang mendengar Firman Tuhan.  (*maafkan!, ini  bukan secara sengaja untuk menuduh dan menghakimi, ini sebagai sabagai kalimat ajakan dan koreksi dalam kacamata  kasih  yang dalam kepada suat kebaikan semata-mata).

Firman yang  yang disampaikan dengan benar selalu berasal dan bersumber dari Roh Kudus tidak bisa yang benar terlepas dari Roh Kudus karena Roh Kudus adalah Roh Kebenaran. (Yoh 14:16-17) Si pembawa berita atau penyampai Firman hanyalah sebagai alat semata-mata.

Doa:  Tuhan Yesus tolonglah kami, supaya kami selalu disadarkan bahwa ketika kami mendengar  Firman kami disadarkan untuk belajar menghargai dan menghormati karena FirmanMu bukan saja

5. Berpengaruh pada pengajaran. Kis 3:11-26

Bagi seorang pelayan Tuhan contoh-contoh  pengajaran  Firman Tuhan banyak sekali dicatat dalam Alkitab, baik itu menyangkut metodenya, pendekatan, cara komunikasi, serta isi atau berita yang disampaikan dll.  itu semua dapat kita pelajari dalam Alkitab.  Catatan-catatan  tersebut itu tadi  merupakan sejarah masa lampau.   Dari sejarah masa lampau itu kita banyak belajar  tentang kunggulan-keunggulan, tentang  kesuksesan dalam pegajaran dan  serta kegagalan-kegagalan mereka juga  dalam menyampaikan berita. 

Roh kudus sangat berpengaruh kepada si pengajar Firman berhasil atau tidaknya  berita Firman yang disampaikan sangat bergantung kepada Roh Kudus.  Kita tidak boleh mengabaikan akan hal ini.  Petrus awalnya seorang murid yang biasa-biasa saja bahkan ia seorang yang  pandai bicara akan tetapi dia juga adalah seorang yang  paling penakut.  Karena ketakutannyalah ia pada akhirnya menyangkal Tuhan Yesus. Ia  takut masuk dan terlibat dalam penderitaan  yang Tuhan Yesus alami. Bukankah   gambaran Petrus ini adalah merupakan gambaran kita semua? Seringkali kita merasa pandai, bisa berbicara namun ketika berbenturan dengan masalah kita takut akhirnya bersembunyi seperti Petrus.  

Namun apa yang terjadi ketika Roh Kudus memenuhi kehidupan Petrus ia berubah drastis, tadinya ia seorang penakut dengan masalah ia berubah menjadi berani sampai ia rela mati disalibkan secara  terbalik (ini sejarah gereja).  Tadinya ia seorang yang menyangkal Tuhan Yesus sekarang Petruslah seorang Rasul dan murid yang  setia sampai mati.  Kita (saya) kagum pada sosok Petrus ini. Tadinya khotbahnya dan pengajaran tidak berkuasa ketika Roh Kudus mempengaruhi hidupnya ia menjadi pengkhotbah yang penuh kuasa dan wibawa dari Tuhan Yesus Kristus.  Tadinya hidupnya  penuh dengan  pesimis, minder, kecewa sekarang berubah.  Hidupnya penuh gairah tentang Injil,  berita yang ia sampaikan adalah berita tentang Injil ajakan untuk bertobat, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan meminta orang untuk dibaptis.  Sungguh besar kuasa Roh Kudus

6. Tanda di Penuhi Roh Kudus

Banyak orang salah kaprah terhadap kejadian atau peristiwa  dalam Kis 2: 4  Sering kali gereja tertentu beranggapan bahwa jika dipenuhi oleh Roh Kudus maka harus berbahasa Roh, dan akhirnya jemaat diminta untuk menghafal  bahasa roh tersebut bahkan sampai kepada Anak Sekolah Minggupun diminta untuk menghafal bahasa Roh dalam versi mereka.  Tentu dengan harapan agar memberikan tanda bahwa sudah dipenuhi oleh Roh Kudus.  Memang betul  bahwa salah satu bukti dipenuhi oleh Roh Kudus ialah berbahasa Roh tetapi dipenuhi oleh Roh Kudus bukan harus berbahasa Roh. Tidak semua. 

Sekarang apa tanda  orang dipenuhi oleh Roh Kudus: (tanda yang bersifat supranatural)

  • Berani memberitakan Firman

Kis 4:31 “Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani”.

Orang yang dipenuhi oleh  Roh Kudus berani memberitakan firman, jadi jelas bahwa seorang  yan dipenuhi oleh Roh Kudus  tidak sama dengan  berbahasa Roh akan tetapi ia memiliki keberanian yang tidak biasa pada saat ia memberitakan Firman,  Petrus dipenuh oleh Roh Kudus ia berani menyampaikan firman Tuhan Kis 2:14, 22. Kiranya Tuhan memberkai kita.

Leave a Reply

Close Menu