Perlengkapan Senjata Allah

Perlengkapan Senjata Allah

Kita harus mengenakan perlengkapan senjata Allah pada saat kita melakukan pelayanan atau dalam kehidupan kita sehari-hari. Perlengkapan yang dimaksud bukanlah perlengkapan fisik yang dapat ditemukan di toko atau dijual secara bebas di tempat umum. Perlengkapan luar biasa ini mempunyai makna tersendiri.
EFESUS 6:14-17
  • BERDIRILAH TEGAP
BERDIRI berarti berrtahan tanpa menyerah; menjaga posisi; bertekun; tetap memegang kebenaran; melawan musuh; berhadapan muka dengan muka.
Aplikasi :
Sebagai ahli waris dan anak Tuhan, engkau harus BERDIRI di tempat yang telah menjadi milikmu melalui salib Yesus Kristus.Dalam situasi apa pun jangan pernah menyerah kepada musuh. Serahkan dirimu kepada Tuhan; lalu BERDIRI dan lawanlah setan dan ia akan lari.
Catatan : Yesus tidak menggunakan Firman Tuhan untuk menyerang setan; Dia menggunakan Firman Tuhan untuk menyatakan kemenangan yang telah Dia miliki.
Pernyataan :
Aku akan berdiri tegap. Aku tidak akan menyerah kepada strategi setan, tetapi akan berpegang teguh kepada Firman Tuhan.
Aku akan berdiri dalam iman di atas batu karang yang teguh, Yesus. Engkau adalah dasar (fondasi) ku;
Aku tidak akan digoyahkan oleh gertakan musuh; juga tidak akan digoyahkan oleh situasi yang negatif. Aku akan berdiri dengan berani dan kuat; karena Engkau ada di pihakku, siapakah yang dapat melawan aku?
Sebagai imam, aku akan memberkati namaMu yang kudus dan melayaniMu dalam ketaatan.
Aku akan berdiri dalam kemenangan yang telah dimenangkan untuk peperangan yang bukan milikku tetapi milikMu.
Aku lebih dari pada pemenang di dalam Yesus Kristus.

  • BERIKATPINGGANGKAN KEBENARAN
DAERAH PINGGANG adalah gambaran dari kekuatan, kuasa, semangat dan kedewasaan. Ini termasuk organ reproduksi, sistem pencernaan dan bagian dari usus (bowels). SABUK (girdle) atau IKAT PINGGANG, dikenakan pada pinggang untuk menopang prajurit dalam peperangan, yang merupakan lambang kekuatan seorang prajurit dan lambang kemampuan yang superior. Ikat pinggang ini menjaga senjata tetap pada tempatnya dan menopang pedang; uang dan benda-benda berharga juga dibawa di sini. To GIRD (dari kata girdle, yaitu sabuk) artinya mempersiapkan seseorang untuk bertindak (action).
Aplikasi :
Seseorang yang pikirannya dipersiapkan oleh kebenaran akan menjadi kuat dan penuh semangat dengan kedewasaan rohani, dan akan mereproduksi Firman Tuhan bagi kemuliaanNya. Seseorang yang mendua hati tidak stabil dalam jalan-jalannya. KEBENARAN adalah pengajaran dari FirmanTuhan, yang ada dalam Yesus Kristus, dinyatakan kepada kita oleh Roh Kudus. KITA BERIKATPINGGANGKAN KEBENARAN saat kita menerima dan memegang apa yang Tuhan nyatakan kepada kita, dan berjalan dalam harmoni denganNya.
Pernyataan :
Yesus, Engkaulah kebenaranku. Engkau telah membuat aku mengetahui kebenaran.
Aku mengenakan kesiapan (readiness) karena kebenaranMu menjadi pakaianku.
Aku memenuhi (encompass) pikiranku dengan kebenaranMu sehingga aku siap untuk bertindak.
Aku melawan kemen-dua-an hati dan aku nyatakan bahwa aku memiliki pikiran Kristus.
Aku mengenal kebenaran dan kebenaran akan membebaskanku.
Aku sekarang akan bicara kebenaran di dalam kasih.
Aku akan memegang Firman kebenaran dengan tepat dan akan menanam benih kebenaran di dalam orang-orang lain sehingga Engkau bisa direproduksi di dalam mereka.
Terima kasih, Yesus, untuk memilihku dari dasar (foundation) dunia untuk keselamatan melalui pemurnian (sanctification) oleh Roh Kudus dan iman di dalam kebenaran.

  • BERBAJUZIRAHKAN KEADILAN
BAJU ZIRAH menutupi organ-organ vital dari seorang prajurit (jantung, paru-paru, hati, dsb.), dikenakan setelah ikat pinggang, untuk menambahkan perlindungan dari ikat pinggang. Dengan melindungi organ-organ vital, maka baju zirah menambah keyakinan prajurit untuk menghadapi musuh tanpa takut.
Aplikasi :
Keadilan/kebenaran – berdiri benar atau bermoral benar di hadapan Tuhan – diimpartasikan oleh Kristus kepada orang-orang percaya. BAJU ZIRAH KEADILAN menjaga jiwa dan pikiran orang-orang Kristen – “organ-organ vital” dari manusia rohani. Maka, seorang Kristen akan dipenuhi dengan keberanian, karena tahu bahwa ia dilindungi dengan keadilan/kebenaran (righteousnes) Kristus dan dapat menghadapi musuh tanpa takut.
Pernyataan :
Yesus, Engkau adalah keadilanku.
Di dalam Engkau aku hidup dan bergerak dan memiliki keberadaanku (have my being). Tolong ubahkan aku agar menyerupai karakterMu dan agar kehendakMu yang terjadi di dalam hidupku.
Aku mengenakan keadilanMu (your righteousness) dengan iman dan meminta agar Engkau melindungi hatiku, agar aku dapat berjalan dengan motivasi yang murni.
Tolonglah aku dalam melakukan apa yang benar dan adil, sehingga aku dapat memiliki pikiran yang jernih dan tidak takut akan serangan jahat.
Terima kasih, Tuhan, untuk keberanian menghadapi musuh tanpa takut.
Terima kasih karena Engkau membersihkanku dari dosa-dosa dan memulihkan persekutuanku denganMu karena Engkau telah menjadi korban yang sempurna bagi dosa-dosaku.

  • KASUT KERELAAN MEMBERITAKAN INJIL DAMAI SEJAHTERA
Kalimat “mempersiapkan injil damai sejahtera” artinya “siap, atau mengenakan kesiapan”, yang sangat vital pada saat seorang prajurit harus menghindari serangan, berdiri atau berlari dalam peperangan dengan musuh. KASUTnya menjadi sol metal yang membuatnya tidak mudah goyah atau jatuh.
Aplikasi :
TELAPAK KAKI menggambarkan berjalannya engkau dengan Tuhan. “Berjalannya” engkau adalah kesaksian dari ucapanmu, sikapmu dan tingkah-lakumu. MENGENAKAN KASUT (shod) berarti membungkuk atau mengikat ; misalnya siap menerima perintah untuk berbaris. Kasut dilepaskan saat masuk ke rumah, dan dikenakan kembali saat ke luar rumah. INJIL adalah kabar baik bahwa Yesus Kristus telah disalibkan bagi dosa-dosa kita, telah bangkit dari antara orang mati, dan telah mengalahkan musuh. DAMAI SEJAHTERA adalah kebebasan dari konflik (strife) – damai sejahtera di dalam yang datang dari Tuhan saat konflik dengan musuh timbul. Ini berarti suatu perjalanan yang difondasikan dalam rekonsiliasi.
Pernyataan :
Yesus, Engkau adalah damai sejahteraKu. Engkau telah membuat hidupku utuh dan harmonis dengan Bapa.
Kiranya damai sejahteraMu menyucikanku secara utuh – roh, jiwa dan tubuh.
Aku mengenakan kasut pada telapak kakiku dengan injilMu, damai sejahteraMu.
Sekarang aku ingin berjalan dalam suatu ketenangan dan sikap damai (unquarrelsome manner).
Terima kasih, Tuhan, karena engkau menjaga kakiku dari bahaya dan menuntun jalanku.
Kakiku tidak akan menyimpang dari injil, karena aku tidak malu akan kabar baik.
Injilmu adalah kuasa Tuhan untuk keselamatan setiap orang yang percaya.
Karena kakiku telah ambil posisi dengan penuh keyakinan di dalam damai sejahteraMu, aku siap untuk melangkah ke arah mana pun yang Roh Kudus tuntun.
Jagalah aku untuk siap siaga sehingga aku dapat menginjak daerah musuh dengan berani untuk membebaskan para tawanan dari ikatan Iblis.
  • PERISAI IMAN
PERISAI, senjata pertahanan, biasanya dibawa di tangan kiri dan digunakan untuk melindungi seluruh tubuh prajurit. Permukaanya dijaga tetap berkilau dengan minyak, yang merefleksikan matahari untuk membutakan musuh. Perisai membantu mengalihkan gerakan musuh.
Aplikasi :
PERISAI menggambarkan perlindungan dan keamanan; perisai iman kita bekerjasama dengan perlengkapan senjata yang lain untuk menghancurkan panah api keraguan, ketakutan dan ketidakpercayaan, serta untuk membutakan musuh. Pikiran dan kehendak akan mengontrol gerakan-gerakan perisai ini. IMAN yaitu percaya, menerima dan menggunakan apa yang telah Tuhan katakan. IMAN menbutuhkan kepercayaan total di dalam Tuhan Yesus dalam segala hal.
Pernyataan :
Tuhan Yesus, Engkau adalah perisai imanku.
Diriku telah disalib bersamaMu, dan hidupku yang sekarang adalah hidup dengan iman di dalamMu.
Aku akan melawan musuh dengan teguh di dalam iman ini.
Terima kasih, Tuhan, karena engkau telah menjadi perisaiku. Aku meletakkan kepercayaanku di dalam Engkau, memilih untuk berjalan dengan iman, dan bukan dengan apa yang kelihatan atau situasi-situasi.
Aku akan berbicara kata-kata iman dan akan meminta di dalam iman tanpa keraguan. FirmanMu adalah kuasaMu.
Terima kasih, Bapa, karena Engkau menjagaku dengan firmanMu.
FirmanMu melindungiku dari yang jahat sebab “ada tertulis” (it’s written).
Musuh lari ketakutan daripadaku karena aku mendekat kepadaMu dan melawannya dalam nama Yesus dengan mengangkat perisai iman yang telah diurapi dengan minyak Roh KudusMu.
  • KETOPONG KESELAMATAN
KETOPONG adalah senjata yang digunakan oleh seorang prajurit untuk melindungi kepalanya. Ketopong sering membawa tanda atau ornamen yang menjadi identifikasi yaitu milik pasukan yang mana prajurit tersebut.
Aplikasi :
KETOPONG, pengharapan akan keselamatan, menjaga pikiramu dari panah-panah musuh. Pikiranmu mengarahkan perisai dan pedang dan semua gerakan dari tubuhmu; maka pikiran harus dilindungi agar engkau dapat menjadi prajurit yang efektif. Pikiranmu adalah medan peperangan antara daging dan roh; seorang prajurit yang disiplin tidak akan menyerah kepada daging, tetapi akan menjadi kuat di dalam roh.
Pernyataan :
Yesus, Engkau adalah keselamatanku.
Engkau telah menutupi kepalaku pada hari perang; Engkau adalah kekuatanku dan nyanyianku; dan Engkau telah menjadi keselamatanku.
Aku meletakkan pengharapanku dan kepercayaanku di dalam Engkau.
Ketopong pengharapan akan menjadi ketopong yang membebaskan bagiku.
Engkau telah membuat pikiranku bebas dari panah-panah musuh.
Sekarang aku akan memperbaharui pikiranku dengan firmanMu; aku menolak pikiran-pikiran keraguan dan ketidakpercayaan yang akan dibawa musuh kepadaku.
Aku manawan pikiranku untuk taat kepada Kristus.
Aku akan memikirkan hal-hal yang membawa kehidupan dan damai sejahtera.
Segala puji bagiMu, Tuhan dan keselamatanku!
  • PEDANG ROH
PEDANG adalah untuk bertahan dan menyerang. Pedang menahan prajurit dari serangan musuh, dan digunakan untuk melukai atau membunuh musuh. Pedang dibawa di tangan kanan, dan merupakan lambang dari kuasa dan otoritas.
Aplikasi :
PEDANG ROH adalah Firman Tuhan yang dipertajam dan dihidupkan oleh Roh Kudus; penggunaan pedang ini hanya efektif bila perlengkapan senjata yang lain ada pada tempatnya.FIRMAN keluar dari mulutmu. Firman Tuhan adalah kuasa dan otoritasmu yang dihidupkan oleh Roh Kudus. Firman ini akan menghakimi pikiran-pikiran dan maksud-maksud hatimu dan hati orang kepada siapa engkau bicara.
Pernyataan :
Tuhan Yesus, Engkau adalah Firman yang Hidup.
Aku akan terus memuji-mujimu dengan mulutku dan dengan pedang bermata dua di tanganku.
Sekarang aku akan mengakui FirmanMu di hadapan orang-orang, dan Engkau akan mengakui aku di hadapan Bapa di surga. FirmanMu adalah kebenaran.
FirmanMu adalah dasar bagi dunia ini.
Engkau adalah sukacita dan kegirangan dari hatiku karena aku telah dipanggil dan memiliki namaMu, sehingga aku memiliki otoritas untuk menggunakan senjata ini.
Aku akan berbicara FirmanMu dengan kuasa.
FirmanMu ada di dalamku dan aku di dalamMu.
FirmanMu hidup dan kuat dan lebih dajam dari pedang bermata-dua mana pun;
FirmanMu memisahkan apa yang rohani dan berasal dari Tuhan dengan apa yang jiwani atau berasal dari daging.
FirmanMu adalah hikmatMu.
Roh Kudus akan memberikan kepadaku saat ini juga mulut yang berhikmat yang tidak akan dapat dilawan oleh musuh-musuhku.
Terima kasih, Tuhan Yesus, untuk memberikanku firmanMu, PEDANGku!

Leave a Reply

Close Menu