In Memoriam Pdt.Jeffray Elly, S.Pd.K

In Memoriam Pdt.Jeffray Elly, S.Pd.K

Pengkhotbah 7:1-2
Nama yang harum lebih baik dari pada minyak yang mahal, dan hari kematian lebih baik dari pada hari kelahiran. Pergi ke rumah duka lebih baik dari pada pergi ke rumah pesta, karena di rumah dukalah kesudahan setiap manusia; hendaknya orang yang hidup memperhatikannya.

im

 

Riwayat Pelayanan Pdt.Jeffray Elly di Kalimantan Tengah

(1995-2016)

Oleh Pdt.Hussain Shahz Diman, S.H

 

  • Pdt. Jeffray Elly, lahir di Desa Wayagung (Kaltara), 23 Desember 1971;
  • Bersama istri (Diana Yunus, Dip.Th), Pdt.Jeffray Elly memulai perjalanan pelayanan sebagai utusan Injil dari Daerah Krayan-Kaltara pada periode pengutusan tahun 1995,
  • Tiba di Muara Teweh ibukota kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah pada bulan Agustus 1995 dan ditetapkan menjadi gembala pos perintisan jemaat GKII Muara Teweh 1995 hingga tahun 1998.
  • Ketika menggembalakan jemaat perintisan tersebut, Pdt.Jaffray Elly juga mendedikasikan diri dengan sepenuhnya dalam pelayanan sebagai tenaga pengajar (guru) pada Sekolah Theologia Atas “Kamiar Asih” milik GKII Wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan (1995-1998).
  • Selama di Muara Teweh Pdt.Jaffray Elly juga dengan tiada pamrih memberikan tumpangan (menampung) anak-anak sekolah dari kampung-kampung sekitar yang bersekolah di kota Muara Teweh yang jauh dari pantauan orang tua, membinanya secara rohani sehingga menjadi jembatan penjangkauan orang tua mereka yang masih menganut kepercayaan leluhur.
  • Selanjutnya Pdt.Jaffray Elly merasakan adanya suatu panggilan kasih yang begitu kuat terhadap suku Punan Kareho di Desa Jujang Parit yang terletak di ujung utara Kalimantan Tengah yaitu sekitar 900KM dari kota Palangkaraya, sebuah suku yang masih sangat tertinggal, jauh dari jangkauan pambangunan, dengan tingkat keriminalitas begitu tinggi dan penganut aliran kepercayaan leluhur yang sangat kuat
    • Pdt.Jaffray Elly bersama istri ditetapkan sebagai Gembala/perintisan jemaat GKII di Jujang Parit 1998-2008.
    • Di Jujang Parit Pdt.Jaffary Elly dengan tiada pamrih juga mengajar sekolah dasar yang ada di Desa tersebut yang hanya memiliki murid namun tidak memiliki guru.
    • Di Jujang Parit Pdt.Jaffray Elly, memenangkan persahabatan dengan tokoh-tokoh masyarakat sehingga berhasil membawa perubahan yang begitu besar terhadap angka kriminalitas yang tadinya tinggi menjadi turun signifikan, Pdt.Jaffray Elly juga membawa tokoh-tokoh masyarakat membuat usulan kepada pemerintah dan perusahan-perusahaan kayu yang ada di wilayah Desa tersebut untuk membuka akses jalan darat yang menghubungkannya ke kota Kabupaten yaitu Puruk Cahu.
    • Pdt.Jaffray Elly mendapat pengakuan dari pemerintah daerah Murung Raya sebagai orang yang telah berhasil membawa berubahan dalam masyarakat dan partisipasi konkrit dalam pembangunan.
  • Selanjutnya pada bulan Desember 2008-2016 Pdt.Jeffray Elly dalam sebuah konferensi Daerah Barito Hulu ditetapkan sebagai Gembala jemaat GKII di Tumbang Olong Kec.Seribu Riam Kab.Murung Raya.
    • Di Tumbang Olong Pdt.Jeffray Elly dipercayakan oleh pemerintah Daerah Kab.Murung Raya untuk menjadi pengelola sekolah menengah pertama (SMP) perintisan milik pemerintah.
    • Dalam pelayanan di Tumbang Olong itu juga Pdt.Jeffray Elly memberi tumpangan bagi anak-anak sekolah dari kampung-kampung sekitar, juga terhadap orang-orang yang membutuhkan pertolongan; sehingga dengan demikian terbuka akses penjangkauan/perintisan pos-pos baru pelayanan GKII di pedalaman Kalimantan Tengah.
    • Selain itu Pdt.Jeffray Elly juga membina anak-anak muda GKII di Pedalaman dan mengutus mereka ke sekolah Theologia, sehingga saat ini terdapat banyak pengerja GKII Kalimantan Tengah Selatan dari orang asli Kalimantan Tengah.
  • Selama dalam pelayanan di Kalimantan Tengah Kalimantan Selatan, (1995-2016) Pdt.Jeffray Elly pernah dipercayakan:
    • Sebagai Sekretaris Wilayah Koordinator GKII Kalteng-Sel dan wakil Kepala Sekolah STA Kamiar Asih Muara Teweh (1995-1998)
    • Sebagai Wakil Ketua Daerah Barito Hulu (2006-2011 dan periode 2011-2016)
    • Panasehat Wilayah GKII Kalimantan Tengah Kalimantan Selatan (2011-2016)
  • RIWAYAT SAKITNYA: Pdt. Jeffray Elly terserang penyakit tumor ganas yang bersarang diusus dan lambungnya mulai bulan Mei 2016, namun dalam keadaan lemah tersebut Pdt.Jaffray Elly tetap memaksa diri hadir dalam konfrensi Wilayah GKII Wilayah Kalimantan Tengah – Kalimantan Selatan 14 s/d 16 Juli 2016.
    • Kembali dari konferensi tersebut kondisi fisik Pdt.Jeffray Elly semakin lemah dan dirawat inap di RSUD Puruk Cahu selanjutnya di rujuk dan menjalani operasi bedah pengangkatan tumor tersebut di rumah sakit Suaka Insan Banjarmasin pada tgl.8 Juli 2016 dan menjalani perawatan lanjutan di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin hingga Tuhan menjemputnya beristirahat di sisi Bapa di Surga, pada hari Selasa tanggal 2 Agustus 2016, tepat pukul 12:57 WITA.
  • Pdt. Jeffray Elly meninggalkan seorang istri (Diana Yunus,S.Th), dua orang putri (Ifanti 18 tahun dan Nova 16 tahun), serta meninggalkan warisan keteladanan yang sangat indah bagi rekan pelayanan di Kalimantan Tengah-Kalimantan Selatan bahkan meninggalkan nama yang harum di tengah-tengah masyarakat di setiap tempat dia pernah melayani.

Akhirnya Pdt.Jeffray Elly dapat berkata:
Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan Hakim yang adil, pada harinya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.” (2Timotius 4:7-8)

 

 


Ditulis oleh: Pdt.Hussain Shahz Diman, S.H
Sebagai sahabat dan ketua BPW GKII Kalteng-Sel 2006-2011
yang mengetahui dan mencatat sendiri apa yang telah diuraikan di atas

Leave a Reply

Close Menu