Pendalaman Tema HUT GKII Ke-90

Pendalaman Tema HUT GKII Ke-90

Tema: GKII Bangkit dalam Doa, Iman, Visi Baru dan Keberanian dalam Melaksanakan Amanat Agung Yesus Kristus (Kisah Para Rasul 1:8)

Bagi Bapak dan Ibu yang akan berkhotbah dalam HUT GKII mungkin perlu ada pendalaman makna dari Tema yang dimaksud. Tema ini diambil dari sebuah intisari tentang siapa Dr. R. A. Jaffray selama hidupnya. Maka para sejarawan CMA menyimpulkan Jaffray adalah sebagai “seorang yang berdoa, beriman, punya visi baru dan keberanian”. Inilah intisari tentang Jaffray yang melandasi tema HUT GKII ke-90.

Jaffray dikenal sebagai seorang pendoa syafaat yang suka memasang peta dan globe di kamar kerjanya. Dia bisa berjam-jam berdoa untuk bangsa-bangsa dan pekabaran Injil kepada suku-suku bangsa.

Dia juga dikenal sebagai seorang yang memiliki iman yang luar biasa, di mana ketika secara strategi dan manajemen misi sulit untuk menjangkau suku-suku bangsa, maka dia beriman bahwa Tuhan pasti menyediakan segala sesuatunya untuk menggenapkan misi Tuhan. Itu terbukti sampai dia tetap datang ke Indonesia walaupun misi CMA sedang krisis besar di Amerika Serikat di tahun 1930-an.

Visi baru yang dimaksudkan adalah selalu dia melihat bahwa tugasnya belum selesai sampai semua suku bangsa dilawat oleh Injil. Sebagai contoh walaupun dalam penjara Jepang, dia tetap bercita-cita bahwa sehabis perang dunia kedia, dia akan berangkat ke Myanmar untuk pengabaran Injil.

Keberanian adalah cerita tentang bagaimana dia memutuskan untuk balik ke Indonesia walaupun sedang berkecamuk perang di Asia. Padahal dia sedang berada di Kanada untuk cuti. Ia siap membayar harga dan resiko demi pekabaran Injil. Akhirnya memang dia ditawan Jepang dan meninggal dalam tawanan sebagai martir.

Bapak dan Ibu, silakan dapat memberikan relevansi dan aplikasi dari tema pada konteks di tempat pelayanan bagaimana lewat HUT GKII, gereja kita semakin sehat dan kuat sehingga makin setia dalam pekabaran Injil. Selamat mempersiapkan khotbah dalam doa dan tuntunan Roh Kudus. Tuhan memberkati (DR).

 

 

 

Leave a Reply

Close Menu