Nilai-nilai Utama (Core Values) Gereja Kemah Injil Indonesia

Nilai-nilai Utama (Core Values) Gereja Kemah Injil Indonesia

Apabila bapak dan ibu seorang gembala yang ingin mengajarkan jemaat atau BPJ tentang nilai-nilai utama pelayanan yang dianut GKII, maka ini adalah nilai yang perlu diajarkan. Sedangkan Pengakuan Iman GKII ada di AD ART GKII. Yang ini adalah nilai-nilai utama pelayanan gereja:

  1. Panggilan Mencari Jiwa yang Terhilang:
    Orang yang terhilang penting di mata Tuhan dan Dia berkehendak kita mencari yang terhilang (Lukas 19:10). Tuhan memberikan tugas utama dan memanggil orang percaya untuk mengabarkan Injil sampai ke ujung bumi dan memuridkan mereka (Matius 28:19).
  2. Sentralitas Yesus Kristus:
    Yesus Kristus adalah sentralitas dari kehidupan orang percaya di mana Dia adalah juruselamat, pengudus, penyembuh (tabib) dan raja yang akan datang. Yesus Kristus pusat kehidupan dan pemberitaan orang percaya yang harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menaati Firman Allah:
    Alkitab baik Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Firman Allah yang hidup. Mengetahui dan menaati Firman Allah adalah fondasi untuk hidup yang diberkati Tuhan
    (Yosua 1:8)
  4. Hidup Dipimpin Roh Kudus:
    Roh Kudus adalah pribadi dan kuasa yang memberikan orang percaya kekuatan dalam kehidupan dan pelayanan. Tanpa Roh Kudus kita tidak dapat berbuat apa-apa (I Korintus 2:4-5). Selanjutnya kehidupan orang percaya harus dipimpin Roh Kudus, di mana kekudusan adalah bagian penting dari berjalan di bawah pimpinan Roh Kudus. Kehidupan yang dipimpin Roh Kudus akan menghasilkan buah-buah Roh dan mendapatkan berbagai karunia Roh yang digunakan untuk pelayanan.
  5. Kehidupan Doa:
    Kehidupan doa adalah tugas utama umat Tuhan, maka gerakan doa yang hidup serta penuh kuasa di dalam gereja, keluarga dan pribadi-pribadi harus menjadi panggilan yang terus menerus dingatkan untuk dihidupi umat Tuhan, Filipi 4:6-7.
  6. Penatalayanan:
    Segala sesuatu yang kita miliki adalah milik Tuhan dan orang percaya adalah penatalayan dari milik Tuhan itu (1 Tawarikh 29:14). Untuknya umat Tuhan wajib mengembalikan milik Tuhan dalam persembahan mereka. Di samping itu lewat harta, tenaga dan waktu yang Tuhan berikan orang percaya melakukan tugas pelayanan secara holistik dalam gereja baik sosial, ekonomi, dan memperhatikan lingkungan hidup di mana orang percaya berada.
  7. Hidup oleh Iman:
    Dalam melaksanakan tugas menjadi gereja misioner melibatkan resiko dan harga yang harus dibayar. Umat Tuhan beriman dalam kehidupannya, hamba Tuhan berani melangkah dengan iman dalam membuka ladang baru, dan orang percaya rela menanggung resiko karena imannya (Ibrani 11:6).

Catatan: Nilai utama ini diadaptasi dari The Christian and Misisonary Alliance di mana GKII adalah bagian dari gereja ini, sehingga nilai-nilai ini juga dianut oleh GKII sebagai bagian dari keluarga besar Gereja Kemah Injil Sedunia.

Pdt. Dr. Daniel Ronda
Ketum GKII

Leave a Reply